2 Des 2011

Inside US Secret Service


United State Secret Service




U.S. Secret Service siapa yang tidak kenal mereka. Mereka adalah batas pertahanan terakhir yang akan melindungi Presiden Amerika Serikat.  Amanat yang diemban Secret Service amatlah tugas yang berat, sedikit saja salah maka nyawa sang presiden taruhannya. Maka dari itu Secret Service di bentuk secara khusus dan di seleksi sebaik mungkin serta dilatih di JJRTC (James J. Rowley Training Center) merupakan fasilitas idaman banyak badan federal di AS dan satuan pengamanan presiden di seluruh dunia.

Nama            : United State Secret Service
Berdiri         : 5 Juli 1865
Semboyan        : Worthy of Trust and Confidence
Markas          : 709 New York Avenue NW, Washington, DC
Jumlah pegawai  : 4.400
Field Offices   : 136
Induk           : US Departement of Homeland Security
Direktur        : Mark J. Sullivan
Perlindungan    :
  •         Presiden, wakil presiden, dan keluarga langsungnya selama masa jabatan. Mantan presidan dan istrinya.
  •         Anak-anak mantan presiden sampai umur 16 tahun.
  •     Kepala Negara sahabat yang berkunjung ke AS, kontingen pemerintah AS yang menjalankan misi khusus ke luar negeri.
  •         Kandidat presiden dan wakil presiden, dan istrinya mulai 120 hari sebelum hari pemilu.
Recruitment Agent USSS

Keputusan USSS menetapkan syarat mutlak,  bahwa calon Special Agent haruslah warga Amerika Serikat yang berumur 21 – 37 tahun pada saat diambail sumpahnya sebagai seorang agen khusus. Hal ini di buat agar para calon agen sedang berada pada puncak kesehatanya dan mampu bereaksi cepat untuk melindungi Presiden AS.

Begitu pula dengan taraf pendidikan, para agen setidaknya haruslah lulusan Sarjana suatu Universitas ternama. Syarat ini bisa dihilangkan apabila calon sudah mengikuti 3 tahun sebagai penegak hokum/investigator. Bagi calon agen yang mengetahui seluk-beluk Teknologi Informasi atau memiliki kemampuan bercakap bahasa asing dan lulus tes bahasa S-3, gaji yang ditawarkan bisa 25% lebih tinggi dibandingkan dengan yang berkemampuan biasa.

Apabila si calon agen memenuhi syarat, maka ia akan di panggil/di telpon oleh SAIC (Special Agent in Charge), SAIC juga menjelaskan tugas dan tanggungjawab seorang agen, termasuk konsekuensi seorang agen USSS menghadapi kemungkinan harus dipindah-pindah sesuai penugasannya .kemudian menjalani wawancara, setelah itu sang calon agen akan di hadapkan pada esai KSA (Knowledge, Skills, Abilites), yaitu menjelaskan seluruh kemampuan yang Ia miliki. Setelah berhasil melalui semua tes, maka calon agen rahasia ini pun berhasil menjadi agen rahasia, tapi jangan senang dulu, setelah menjadi Agen, masih akan tetap di awasi oleh 5 orang dari 5 divisi yang akan selalu memantau sang agen baru tersebut. Agen atau yang lengkapnya Agent Trainee masih harus menempuh jalan panjang sebelum mencapai tempat terhormat di dalam PPD (Presidential Protective Details). Setelah dikenalkan dengan Field Office tempat penempatannya, setiap agen trainee aakan dikirim ke JJRTC (James J. Rowley Training Centre) di Beltsville, Maryland untuk masa orientasi. Sebelum dibawa kesana agen akan dibawa ke FLETC (Federal Law Enforcement Training Center) di Artesia, New Mexico, yang merupakan tempat mendidik seluruh agen federal di AS, kecuali FBI dan DEA.

U.S. Secret Service Armory

1. FN P90 USG















2. IMI UZI












3. Colt M653/M16A1 Carbine









4. KAC SR-16





















5. SIG Sauer P229











6. FN Five-SeveN USG














7. KAC SR-25/MK11 Mod 0










8. FIM-92 Stinger










USSS in Action Photos


U.S. Secret Service Agent in response to the assassination of 
Ronald Reagen by John Hinckley, Jr. On March 30, 1981


Two U.S. Secret Service agents carry machine guns as they walk past a new swing set on the south lawn of the White House on March 6, 2009 in Washington, DC.


A U.S. Secret Service agent keeps a watchful eye as Marine One lifts off from the South Lawn of the White House with President Barack Obama on board March 27, 2009 in Washington, DC.


Karena tuntutan tugas ERT yang bersifat kepolisian, maka di baju mereka diimbuhkan tulisan
Police namun dengan tulisan kecil Secret Service di bagian bawahnya. Unit ini dilengkapi persenjataan lebih berat seperti MP5 dan FN P90.


Tampilan khas kendaraan Secret Service Emergency Response Team. Terkesan rahasia, terutama
dengan warnanya yang serba hitam dan kaca gelap.


Members of the uniformed division of the Secret Service patrol Pennsylvania Avenue in front of the White House Friday April 18, 1997.


Secret Service police officers prepare to take their positions on top of a concession stand Sunday, Feb. 15, 2004, at the Daytona International Speedway in Daytona Beach, Fla. U.S. President George W. Bush will be attending the Daytona 500 race. (AP Photo/Luis M. Alvarez)


Members of the Secret Service stand in formation awaiting the arrival of President Bush on Air Force One at Buckley Air Force Base in Aurora, Colo., Monday, Sept. 13, 2004. (AP Photo/Jack Dempsey)



source : Inside U.S. Secret Service Commando magazine



Tidak ada komentar:

Posting Komentar